TIPS MENJAGA KOMUNIKASI DENGAN PELANGGAN DI MASA PANDEMI

Banyak pelaku bisnis menghadapi tantangan tidak terduga. Salah satunya terkait menjaga komunikasi dengan pelanggan. Untuk itu kami membagikan beberapa tips menghadapi tantangan pada masa ini agar komunikasi dengan pelanggan dapat terus terjalin.

DAPATKAN DUKUNGAN
Sampaikan bahwa pelanggan dapat memberikan masukan untuk bisnis anda.


CARA MEMESAN
Pastikan pelanggan tahu bahwa mereka dapat melakukan pemesanan walau PSBB berlangsung.


BELANJA ONLINE
Ajak pelanggan untuk berbelanja online melalui whatsapp atau media sosial disertai dengan tautan ke toko/usaha anda.


SAMPAIKAN UCAPAN TERIMA KASIH
Sampaikan dengan singkat dan tulus bahwa anda selalu bergandengan tangan dengan pelanggan.

JAGA HUBUNGAN DENGAN PELANGGAN
Jaga komunikasi dengan pelanggan meskipun tanpa interaksi langsung. Selalu merespon pertanyaan yang masuk mengenai produk/jasa yang anda tawarkan, dan pertimbangkan untuk membuat jawaban yang sudah disiapkan untuk pertanyaan yang umum dilontarkan.
Berikut ada 4 contoh tanggapan yang bisa anda gunakan:
Halo, kami siap menerima pesanan Anda. Telepon atau kirim pesan kepada kami disini.

Halo, terima kasih atas pesan Anda. Toko kami tutup tetapi kami masih menerima pesanan online. Kirimkan pesan kepada kami atau kunjungi toko kami di bit.ly/bursa-lokal

Terima kasih atas pesan Anda. Kami beralih ke pemesanan online selama PSBB berlangsung. Silakan kunjungi toko virtual dan kirimkan pesan Anda langsung kepada kami di bit.ly/bursa-lokal

Saat ini kami masih tutup selama PSBB. Anda dapat menghubungi kami melalui lokapasar Bursa Lokal di bit.ly/bursa-lokal

SELENGGARAKAN ACARA SECARA ONLINE
Jika anda terpaksa membatasi atau menunda suatu acara yang terkait dengan promosi produk anda maka beralihlah mengadakan acara tersebut secara online. Cobalah mengadakan sesi Live di Facebook atau Instagram dan media sosial lainnya. Manfaatkan ini sebagai peluang untuk mengajak pelanggan mengintip di balik layar bisnis anda.

5 Rekomendasi topik untuk siaran langsung:
°Adakan tanya jawab.
°Lakukan siaran langsung dengan mewawancarai salah satu pelanggan.
°Jalin interaksi dengan pemirsa dan tanggapi secara langsung komentar selama Anda melakukan siaran.
°Agar makin banyak pemirsa yang menonton, umumkan acara lewat postingan atau chat sebelum dilaksanakan.
°Setelah sesi Live berakhir, Anda dapat menyimpan atau memposting video agar tetap dapat dilihat.

Tulisan ini diringkas dan dikutip dari Laju Digital dengan Facebook.

Bagikan ke
Pariwara

Komentar